Minggu, 16 Oktober 2011

Alasan Menggunakan Aplikasi Komputer untuk Sistem Akuntansi.

Banyak perusahaan - perusahaan saat ini menyerahkan sistem akuntansinya untuk dikelola langsung oleh aplikasi-aplikasi komputer, sehingga perusahaan hanya memperkerjakan pekerja-pekerjanya lebih sedikit untuk bidang akuntansi dan lebih fokus pada bidang yang langsung perkaitan dengan operasionalnya. alasannya hasilnya lebih efisien, akurat, dan tepat waktu.

  • Efisien artinya penggunaan aplikasi akan meringankan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan laporan - laporan akuntansi dan manajemen akurat dan tepat waktu apabila dibandingkan tidak menggunakan aplikasi komputer.
  • Akurat dan Tepat Waktu, aplikasi-aplikasi  sistem akuntansi umumnya berbasis data yang terintegrasi, telah teruji keandalannya dan terpelihara dengan baik sehingga hasil-hasil (output) nya pun akan akurat dan tepat waktu. Akurat dan tepat waktu sulit dipisahkan karena ini syarat mutlak yang harus dimiliki laporan-laporan bisnis agar supaya dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Keakuratan dan ketepatan waktu pun sangat bergantung dari faktor manusia yang memasukan (input) data-datanya. 

Sekian dulu sharingnya, InsyaAlloh dimasa mendatang akan saya jabarkan lebih terinci lagi mengenai aplikasi-aplikasi mana saja yang memenuhi kreteria diatas berdasarkan pengalaman saya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar